Langkah Pemula Memulai Jualan Online Sampai Mendapat Pembeli

Langkah Pemula Memulai Jualan Online Sampai Mendapat Pembeli

Memulai jualan online. Jualan online kemungkinan tidak semudah yang banyak orang pikirkan. Tapi termasuk tidak serumit yang banyak orang katakan.

Faktanya, terkecuali kami berbicara market, pasar online tengah bertumbuh. Terutama di Indonesia. Dari 260 juta jiwa penduduk Indonesia, penetrasi online tetap di angka 50% saja. Artinya potensi pertumbuhan pasar online tetap benar-benar besar !

Menggiurkan bukan ?

Nah, pada kesempatan ini, saya dambakan membagikan arahan simple tentang langkah mengawali berjualan online. Tentu ini berdasar pada pengalaman privat dan lebih dari satu refrensi pendukung.

Anda dapat perhatikan panduannya, setelah selesai Anda dapat mencoba mempraktikan langkah demi langkah, dan jangan sungkan untuk menanyakan atau mengoreksi postingan ini ! panduan metode berjualan online

Artikel ini tertentu bagi pemula, bagi Anda yang tetap awam, Anda tidak usah khawatir.

Oke, kami jadi bersama 8 langkah pemula mengawali berjualan online sampai mendapatkan pembeli. Artikel ini dapat terus di update dan direfisi secara berkala.

1. Tentukan Produk yang Akan Anda Jual
memulai jualan online
Memilih product apa yang dapat Anda menjual jadi tidak benar satu kunci berhasil Anda kedepannya. Ada arti “ Produk bersama mutu baik dapat memarketingkan dirinya sendiri”.

Itu sebenarnya benar.

Dengan modal mutu produk, maka Anda setidaknya tidak ulang mengayalkan apakah product yang saya menjual nanti dapat disukai oleh konsumen atau tidak, dapat mengecewakan konsumen atau tidak.

Baca termasuk : 17 Ide Bisnis Online Menjanjikan Terbaru | Jenis dan Tips

Untuk memilih produk, ada lebih dari satu perihal yang dapat kami lakukan. Yaitu bersama lihat mutu product itu sendiri dan lihat bagaimana product itu dipasaran.

a. Lakukan Riset produk Bisnis modal kecil
Untuk menilai apakah product yang dapat kami menjual berkwalitas atau tidak, melaksanakan lah riset product tersebut.
Anda dapat mengawali bersama lihat bahan apa yang digunakan didalam pembuatan?

.. bagaimana proses pengerjaannya, dan seperti apa hasilnya?

Kita termasuk dapat meminta penilaian kepada lebih dari satu orang dekat untuk menilai tentang mutu berasal dari product yang dapat Anda menjual tersebut.

b. Lakukan riset pasar
Riset pasar dapat lihat sebenarnya product apa yang diperlukan oleh masyarakat, product seperti apa yang disukai masyarakat, dan bagaimana peta persaingan bersama product lain yang mirip nantinya.

Riset pasar penting bagi Anda sebagai landasan memilih product yang dapat Anda jual. Anda dapat melaksanakan survey kecil-kecilan, jika ;

Anggap Anda tengah menjajakan buku soal-soal CPNS,

Anda dapat menanyakan kepada lebih dari satu orang tentang mutu buku yang udah pernah mereka membeli sebelumnya.

.. Apa saja berlebihan dan kekurangannya, bagaimana harganya?

.. bagaimana mutu kertas yang digunakan dan pertanyaan-pertanyaan lain yang Anda butuhkan?

Setelah Anda kelanjutannya mempunyai sebuah produk, tahapan akhir adalah melaksanakan tes market kepada pasar. Apakah product Anda diterima oleh pasar atau tidak.

c. Lakukan tes market
Produk udah Anda miliki, kini saatnya Anda melaksanakan tes market. Hasil tes market dapat digunakan sebagai ketentuan akhir pada persyaratan pemilihan product yang tepat.

Bagaimana langkah melaksanakan tes pasar?

Ada langkah simple jika Anda segera menjajakan secara offline kepada teman yang sesuai bersama obyek market product Anda.

Atau Anda termasuk dapat melaksanakan A-B testing pakai iklan online misalnya; iklan di Instagram, facebook atau google ads.

Lihat hasinya, terkecuali tes penjualan yang Anda melaksanakan melebihi 50% berasal dari obyek penjualan bersama waktu yang relative singkat, Artinya product yang dapat Anda menjual sebenarnya diserap dan diperlukan oleh pasar.

2. Tentukan mekanisme penjualan
Oke, ada beraneka metode penjulan yang dapat Anda melaksanakan secara online. Anda dapat stok barang, system pre-order, atau bersama system Dropshiper / Reseller berasal dari orang lain.

Mekanisme penjualan dapat benar-benar mempengaruhi kesuksesan strategi promosi online yang dapat Anda melaksanakan nantinya.

a. Sistem Pre-Order
Menjual barang bersama system pre-order mempunyai banyak kelebihan, jika Anda dapat sebabkan product didalam jumlah yang sesuai bersama pesanan, meminimalisir barang sisa, Anda tidak perlu modal, karena konsumen yang melaksanakan pre-order dapat membayar khususnya dahulu yang jumlahnya sesuai bersama kesepakatan di awal.

Namun, proses pre-order mempunyai lebih dari satu kekurangan, jika terkecuali orderan didalam jumlah benar-benar banyak, Anda dapat kewalahan sebabkan product pesanan tersebut. Namun perihal berikut dapat di minimalisir bersama langkah menghalangi jumlah orderan.

Kesuksesan penjualan bersama proses pre-order benar-benar tergoda oleh, inovasi product yang Anda mempunyai serta langkah promosi yang Anda lakukan.

b. Sistem Stok barang
Hampir lebih dari satu pedagang pakai proses stok barang. Baik toko offline atau online. Kelebihan menyetok barang tentu kami tidak mesti repot sebabkan barang atau mencari barang yang dipesan.

Dengan stok barang, kami hanya dapat fokus pada bagaimana menjajakan barang yang udah ada. Tentu tidak dapat memakan waktu lama didalam proses transaksi. Ada konsumen yang memesan, lantas kami kirim kepada konsumen sesuai bersama pesanan.

Artinya product tetap ready stok dan kami tinggal menjajakan barang yang udah ada. Ada lebih dari satu kelemahan terkecuali kami stok barang;

Misalnya ada lebih dari satu tipe product yang sepi peminat, jika karena persoalan motive, warna atau ukuran barang yang tidak banyak peminat.

c. Dropshiper/ reseller
Sistem dropship dan reseller jadi langkah alternatif. Terutama bagi Anda yang tidak mempunyai modal yang lumayan untuk sebabkan product atau menyetok produk.

Sistemnya, Anda menjualkan barang milik orang lain, terkecuali ada yang memesan product tersebut, Anda mesti menghubungi penjaja dan mengirimkan kepada konsumen Anda tadi.

Sistem ini sebenarnya sedikit ribed, tetapi terkecuali Anda pas memilih produk, proses dropship atau reseller ini dapat benar-benar efektif dan dapat tanpa modal.

Contoh product yang ringan untuk dikerjakan dropshiper adalah menjajakan masker, baju, hijab dan jam tangan.

3. Gunakan Website atau pakai Website Marketplace atau keduanya
Kesalahan pemula didalam jualan online adalah tidak mempunyai website. Biasanya mereka hanya mengandalkan marketplace atau sarana sosial seperti facebook atau instagram sebagai sarana promosi.

Padahal ini kesalahan.. kenapa?

Media sosial dan marketplace dapat saja menutup account Anda kapan saja.

Tidak ada yang dapat menanggung bahwa lapak jualan Anda dapat tetap ada di sana bukan?. Karena lapak berikut tidak semuanya milik Anda !

Solusinya, Anda dapat jadi sebabkan website sebagai sarana promosi penjualan product Anda secara online.

a. Bangun website penjualan
Jangan anggap sebabkan website itu kesusahan ? tidak mirip sekali. Pahami betul bahwa website menjual membeli tidak mesti didalam bentuk format toko online, di mana konsumen dapat melaksanakan pesan (add to chart) di toko online Anda.

Bagi pemula, saya menganjurkan terkecuali Anda tengah terjun di jualan online, buatlah website Anda didalam bentuk landing page.

Isinya berupa copywriting penawaran produk, berlebihan produk, harga. Itu saja cukup! Arahkan pengunjung website Anda menghubungi Anda lewat No. Telephon, Akun sarana sosial atau email.

Website di sini hanya sebagai landing pengunjung dan sebagai sarana penawaran, memudahkan pengunjung lihat product Anda. Memudahkan calaon konsumen lihat harga, berlebihan dan kekurangan product yang Anda miliki.

Setelah itu mereka dapat menghubungi Anda lewat nomor kotak yang disediakan. Proses transaksi dapat Anda melaksanakan lewat email, whatapp, atau percakapan telepon.

b. Gunakan sarana marketplace
Marketplace tetap benar-benar penting? Siapa bilang tidak penting.

Untuk menjangkau market yang lebih luas Anda butuh platform ini.

Karena marketplace seperti bukalapak, tokopedia, Shopee udah mempunyai jangkauan yang benar-benar luas bersama pengunjung yang benar-benar banyak. Maka manfaatkanlah!

Marketplace berfaedah menjangkau market yang lebih luas, memperbanyak penjualan, serta membangun branding jualan online Anda.

Anda dapat mengkombinasikan keduanya. Website milik sendiri sebagai landing page dan company info, dan marketplace sebagai promosi dan memperbanyak penjualan produk.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *